#BatikIndonesia Warisan Ibu Pertiwi Yang Mendunia

Oktober 10, 2016

#BatikIndonesia Warisan Ibu Pertiwi Yang Mendunia

Batik-Indonesia-Mendunia
Source : Frilby.com


Kita tahu jika batik indonesia adalah warisan budaya yang sudah diakui bahkan ditingkat dunia. Batik indonesia adalah asli hasil karya tanah air ibu pertiwi yang harus kita lestarikan. Karena semakin hari, semakin banyak aneka mode yang membuat batik menjadi dilupakan. Padahal dengan adanya batik, indonesia mempunyai ciri khasnya yang dapat membedakannya dengan negara lain.

Kita sendiri tahu jika akhir-akhir ini Indonesia sedang menggalakan untuk mempromosikan batik ketingkat dunia. Bahkan presiden Indonesia, presiden Jokowi juga mempromosikan batik agar batik menjadi ikon dunia. Seperti saat  Konferensi Tingkat Tinggi Forum Kerja Sama Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Cina presiden jokowi mengenakan kemeja bercorak parang dari Yogya.

Presiden-Jokowi-Mempromosikan-Batik
Source : Tempo.co


Selain itu batik juga mulai dikenal diseluruh dunia dilihat dari antusiasnya para warga negara asing yang mulai belajar membuat batik. Bagi mereka batik adalah karya cipta yang luar biasa indah.

Mahasiswa-Asing-Belajar-Batik
Source : Antarafoto.com

Tapi masalahnya?


Anak muda Indonesia lebih menyukai mode luar negeri dan sedikit yang menyukai batik indonesia. Padahal orang asing pun datang ke Indonesia belajar batik. Jika nanti batik diakui negera lain , warga indonesia baru sadar dan protes. Untuk itu perlu ditumbuhkannya kesadaran jika batik indonesia harus dilestarikan karena batik indonesia adalah warisan asli ibu pertiwi kita.

Untuk menumbuhkan kesadaran itu kita dapat mengambil contoh dari sikap dan kebiasaan presiden jokowi yang sangat mencintai batik. Beliau mewajibkan menterinya berpakaian batik saat rapat. Namun ia juga akan mengenakan baju batik 4 hari dalam satu minggu. Satu hari mengenakan baju putih, dan pakai jas hanya setahun sekali atau dua kali. Itu adalah bentuk promosi nyata dari presiden jokowi.


Untuk itu sebagai warga negara indonesia kita harus mencintai karya dan budaya indonesia, jadikan budaya dan karya cipta indonesia bukan hanya menjadi ikon indonesia tetapi juga ikon dunia.

Batik Workshop The Process & The Making



Previous
Next Post »

1 komentar